Jumat, 26 September 2014

TUGAS TUTORIAL KEBEBASAN



APAKAH MANUSIA ITU BEBAS?

Menurut saya, manusia pada dasarnya adalah makhluk yang memiliki kebebasan di setiap individunya. Namun, kebebasan tersebut tidak dapat diartikan bahwa bebas secara menyeluruh yang artinya boleh melakukan apa saja yang dia mau. Kebebasan tersebut juga tetap harus memiliki batasan-batasan yang menjadikan manusia tersebut menjadi individu yang baik yang dapat diterima manusia.


Manusia dapat dikatakan sebagai individu yang bebas karena manusia memiliki HAM (Hak Asasi Manusia) yang mendukung manusia untuk memiliki kebebasan yang paling mendasar, yaitu kebebasan untuk hidup. Setiap manusia juga diberikan banyak sekali kebebasan seperti kebebasan berekspresi, memberikan aspirasi/pendapat, memeluk agama sesuai kepercayaannya masing-masing, dan masih banyak lagi. Namun di balik semua itu, setiap individu juga tidak boleh melupakan bahwa semua itu tetap ada batasan yang tidak boleh dilewati. Contoh batasan itu adalah adanya hukum yang berlaku dan bersifat mengikat serta memaksa setiap individu untuk tunduk terhadap hukum tersebut.  Selain itu, adanya ajaran-ajaran agama yang juga bersifat mengatur individu untuk tetap berada di jalan yang benar sehingga seorang individu dapat dikatakan bebas secara utuh.
Manusia dapat dikatakan sebagai individu yang bebas apabila makna dari kebebasan itu sendiri tidak memiliki arti bahwa bebas melakukan apa saja yang dia inginkan, melainkan memiliki arti bebas untuk memilih segala sesuatunya menggunakan hati nurani. Sebab, nati nurani akan selalu menuntun manusia untuk melakukan hal-hal baik di dunia ini dan tidak akan menjerumuskan manusia itu sendiri pada dasarnya. Hati nurani akan membimbing setiap individu untuk selalu tetap di jalan yang benar dan mematuhi segala aturan yang berlaku salama aturan tersebut bertujuan untuk membentuk individu menjadi lebih baik lagi.

Saya juga ingin membahas bahwa pada dasarnya, memeluk agama bukanlah kewajiban dari setiap manusia. Wajib artinya harus memeluk agama tertentu. Memiliki kebebasan beragama itu sendiri memiliki makna bahwa setiap manusia diberikan hak untuk memeluk agamanya masing-masing sesuai dengan kepercayaannya. Pada dasarnya, setiap agama memiliki ajaran yang baik bagi individu sendiri, namun individu yang memeluk agama tersebut lah yang sering kali tidak baik dalam bertingkah laku di dunia ini. 


Sumber : http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2012/03/Hak-azasi-manusia.jpg

6 komentar: